Seandainya harga bensin positif naik, enggak cuma pemilik mobil yang
teriak-teriak. Pemakai motorpun ikutan dongkol lantaran kantongnya makin
terkuras. Apalagi rakyat bikers kebanyakan golongan paling rentan
terkena dampak kenaikan BBM. Namun apamaudikata, BBM melambung sudah di
depan mata.
“Agar tidak menguras kantong, usahakan agar motor
tetap irit. Segala bentuk modifikasi yang justru bikin motor boros
dikembalikan ke standar. Kalo perlu pasang perangkat yang sudah terbukti
bikin irit,” urai Tommy Bramantya, chief instructor HMTC Jakarta.
Berikut ini panduan agar motor tetap irit bensin.
Mesin
Jeroan mesin kembalikan standar
Jeroan
mesin yang sudah aus bikin tenaga ngedrop. Udah larinya enggak ada tapi
justru minum bensin berlebih. Misal piston baret, ring lemah, klep
bocor atau paking head bocor. Jika ini terjadi pada motor Anda segera
perbaiki. Pokoknya jeroan mesin harus dikembalikan seperti kondisi
standar.
Pengapian
Cukup ganti CDI tipe racing bisa hemat BBM
Lejutan
api yang besar serta timing yang tepat sangat dubutuhkan saat proses
pembakaran. Makanya cek kondisi busi, koil serta CDI jangan sampai
menurun performanya. Jika perlu ganti CDI dengan tipe racing yang
memiliki spek kurva sesuai dengan motor standar. Misalnya pakai CDI
XP202, BRT atau Rextor. Hasil test OTOMOTIF, aplikasi CDI racing
terbukti mampu menghemat bensin.
Karburator
Bersihkan serta kembalikan spuyer ke ukuran standar
Jika
spuyer karburator sudah tidak standar lagi atau pernah diganti dengan
ukuran lebih besar, sebaiknya dikembalikan ke ukuran standar. Kondisi
jarum skep berikut dudukannya (needle jet) yang telah aus sebaiknya
diganti baru.
“Ciri-ciri needle jet aus, saat digas mesin brebet.
Disertai asap knalpot warna hitam. Kondisi seperti ini pasti bikin
motor boros. Jangan lupa filter udara dipasang dan dibersihkan,” tambah
Tommy.
Tekanan Ban
Tambahlah angin jika kempis
Mungkin
dikira sepele. Tapi kondisi ban yang kempis bikin tarikan motor jadi
berat. Ujung-ujungnya dibutuhkan minum bensin lebih banyak. Apa susahnya
sih tambah angin. Paling-paling cuma seceng (seribu rupiah).
aio aio
BalasHapuskalo gw sih mending motor standart biar lemoth yang penting irit lah, smash 2008 bensin masih 53 km / liter sudah lumayan, walau bensin naek tidak terlalu nguras dompet heheheheh ;)
BalasHapusmending lagi low gak punya motor mas brow ,,,,hehehhehe
BalasHapuslebih irit coz gak beli bensin ,,,,,just kidd