Aq coba sedikit jelasin tentang teori teknik2 drift, mohon bagi yang
lebih tau tentang drift bisa menambahkan klo ad yang salah...
1. HANDBRAKE DRIFT difficulty level : LOW
Teknik pake rem tangan ga' susah, kaya' di film FFTD "just use your
hand brake" khe2. Biasanya orang yang pake' teknik ini, pedal handbrake
mobil standart diganti, biar kalo ditarik ga' ngunci. Caranya injek
kopling, belokin stir, tarik handbrake saat deselerasi bwat ngilangin
traksi roda blakang dari jalan, kalo bokong mobil dah ngerasa nggeser
lepas handbrake, lepas kopling+injek en atur gas but jangan lupa bwat
counter steer biar seimbang en ga' spin. Kekurangan dari handbrake
drift biasanya speed langsung drop.
2. POWER OVER DRIFT difficulty level : MEDIUM LOW
Intinya mobil yang dipake harus punya torsi yang gede biar traksi roda
blakang bisa pecah. Saat belok, tinggal injek pedal gas dalem2. kalo
mang mobilnya kuat, pasti ngeslide. Nah klo udah ngeslide tinggal atur
gas ama counter steer aj.
3. KANSEI DRIFT difficulty level : MEDIUM LOW
Kata lainnya accel off drift, saat lagi kenceng2nya mobil belok tiba2
mengangkat kaki dari pedal gas. Hal itu bikin distribusi bobot mobil
pindah kedepan dan otomatis bikin bokong mobil nggeser, saat itu kembali
ijek+atur gas en counter steer biar seimbang en ga' spin. sebenernya
ini teknik dasar banget biar drifter bisa ngerasa'in gimana cara
ngendali'in mobil, gimana cara memindahkan beban en biasanya dilakuin di
tikungan yang ga' begitu tajem.
4. BRAKING DRIFT difficulty level : MEDIUM
Kalo udah biasa kansai, drifter biasanya beralih ke braking drift. Saat
belok selain dekelerasi, dengan nginjek pedal ram dalem2 distribusi
bobot pindah kedepan otomatis traksi ban blakang ilang, tinggal atur gas
ama couter steer. Biasanya braking drift dipake' kalo belokan aga'
tajem.
5. FEINT DRIFT difficulty level : MEDIUM
Nah, ini njelasinnya aga' repot, feint biasanya teknik yang dipake para
perelly. Feint drift kaya' efek pendulum, jadi bawa mobil kearah
berlawanan dari tikungan, trus tiba2 balik ke arah tikungan. Kalo
dibayangin, kaya' mbuang bokong mobil biar ngeslide. Sisanya tinggal
atur gas ama counter steer.
6. CLUTCH KICK difficulty level : MEDIUM HIGH
Teknik ini digunakan untuk memicu drift tanpa mengurangi kecepatan.
Caranya saat belok injak kopling sambil full throttle en revving mesin,
baru lepas kopling. Proses harus dilakukan sekedip mata agar mesin ga'
over-rev. Yup! teknik ini berpotensi untuk ngerusak sistem drive train
mobil, terutama kopling. teknik ini dipakai harus dengan penggantian
kopling kompetisi.
7. SHIFT LOCK DRIFT difficulty level : MEDIUM HIGH
Hampir sama ama cluth kick, hanya bedanya drifter memindah gigi lebih
rendah untuk menurunkan rpm lalu lepas kopling untuk melambatkan roda
blakang agar oversteer. Sama ama cluth kick, teknik ini berpotensi
untuk ngerusak sistem drive train mobil. Untuk shift lock yang rawan
jebol gearboxnya.
8. MANJI DRIFT difficulty level : HIGH
Wuh! ini dia teknik ekstreem drift. Manji sendiri diambil dari simbol
religius yang dikenal sebagai "reverse swastika", karena mobil bagaikan
pena diatas aspal. Dijalan lurus bagian blakang mobil dibuat
bergoyang2 ke kanan dan kekiri, oversteer perlahan dari sisi ke sisi
yang lain dengan perpaduan pengaturan gas+counter steering. teknik ini
meninggalkan jejak zigzag di aspal sebelum akhirnya masuk ke tikungan.
Buat drifter profesional, teknik2 yang ada mereka kombinasi'in. Kaya'
MANJI+FEINT+CLUTH KICK, ato HANDBRAKE+SHIFT LOCK, dan laen2 sesuai
kebutuhan speed en tikungan yang mao diambil.
Image
YAK! begitulah beberapa teknik2 drift yang aq ketahui. Semua yang aq
tulis hanyalah teori, prakteknya??? hmmm... sulit sekali!!! butuh
kecepatan yang tinggi dan nyali, bikin jantung deg2an saat bokong mobil
nggeser... Yaaa Haaa...
bagi yang mao nambahin silahkan, atau share tentang pengalaman ngedrift...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar